Pengimbasan Analisis CP Terbaru Bagi Guru Kelas V dan VI Sekolah Dasar Kecamatan Tugumulyo, Musi Rawas
Menyusul kegiatan pengimbasan analisis CP (Capaian Pembelajaran) menjadi TP (Tujuan Pembelajaran) dan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) bagi guru kelas 3 dan 4, para guru kelas 5 dan kelas 6 mengikuti pelatihan serupa.
Sebagaimana pengimbasan bagi guru kelas sebelumnya, kegiatan berlangsung di Gedung PGRI Cabang Tugumulyo.
Berikut dokumentasinya.
Prompt Membuat TP dari CP Terbaru Fase C:
Saya [nama guru] guru kelas 6 yang akan menganalisis dokumen Capaian Pembelajaran (CP) Fase C untuk mata pelajaran [mata pelajaran]. Tolong uraikan CP tersebut menjadi Tujuan Pembelajaran (TP) yang terukur, dengan memisahkan TP untuk kelas 5 dan kelas 6.
Syarat:
1. Gunakan bahasa yang jelas, sesuai kaidah Kurikulum Merdeka.
2. TP disusun berdasarkan elemen dan/atau kompetensi inti dalam CP menjadi 5-10 TP per elemen menggunakan rumus ABCD (Audience: siswa, Behavior: perilaku, Condition: kondisi, Degree: tingkat pencapaian).
3. Pastikan TP bersifat SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time-bound).
4. Integrasi deep learning, tambahkan elemen seperti: memahami, mengaplikasi, merefleksi pada elemen yang sesuai
5. TP untuk kelas 5 dan kelas 6 disajikan terpisah, masing-masing dalam bentuk daftar.
6. Pastikan TP mengarah pada pencapaian CP di akhir Fase C.
7. Buat urutan TP yang logis dari yang sederhana menuju kompleks. Untuk perhitungan waktu 2 tahun ada 68 minggu dikali [jumlah jam pelajaran] JP Intrakurikuler. Tolong buatkan analisis CP menjadi TP sesuai ketentuan di atas.
Berikut Capaian Pembelajarannya:
[salin dan tempel CP mapel tersebut]
================================
PROMP MEMBUAT ATP [Mata Pelajaran] FASE C
Saya guru kelas 6 menyusun TP dan ATP bersama guru kelas 5, untuk itu saya perlu memilah TP yang diajarkan pada semester 1 dan semester 2 yang lengkap dari masing-masing elemen yang ada. Tolong pilahkan TP berikut yang sesuai sehingga pelajaran runtut tidak terbalik, dari yang sederhana ke yang kompleks, dari yang mudah ke yang sukar sesuai kemampuan dalam olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga. Tetap mengacu pada contoh ATP hanya saja pisahkan antara semester 1 dengan semester 2
Pisahkan dengan jelas elemen yang ada di kelas 5, baru elemen kelas 6. Salin nomor TP ketika Anda mengurutkan.
Berikut Tujuan Pembelajaran [mata pelajaran] Fase C.
Musi Rawas, 14 Oktober 2025
Salam,
PakDSus
Reviewed by Pak D Susanto
on
Selasa, Oktober 14, 2025
Rating:








Tidak ada komentar: