Pengimbasan Analisis CP Terbaru Bagi Guru SDN di Kecamatan Tugumulyo, Musi Rawas

Selamat datang kembali di kanal informasi pendidikan yang selalu menghadirkan kabar terbaru dan paling relevan untuk para pendidik!

Inilah saat yang ditunggu-tunggu, terutama bagi rekan-rekan guru hebat yang bertugas di wilayah Kecamatan Tugumulyo. Transformasi kurikulum memang menuntut kita untuk selalu bergerak, adaptif, dan yang paling penting, memahami esensi dari setiap perubahan. Nah, kabar baiknya, semangat bergerak maju itu baru saja diwujudkan dalam sebuah kegiatan penting yang menandai babak baru dalam implementasi kurikulum merdeka. 

Tepat pada hari Sabtu, tanggal 11 Oktober 2025, suasana Gedung PGRI Cabang Tugumulyo di Jl. Raya Trikoyo-Kalibening menjadi saksi dimulainya agenda: Pengimbasan Analisis Capaian Pembelajaran (CP) Terbaru. Kegiatan ini bukan sekadar pelatihan biasa, melainkan momentum krusial di mana para guru mulai dibekali pemahaman mendalam tentang cara membedah dan mengaplikasikan CP terbaru agar proses pembelajaran menjadi lebih terarah, bermakna, dan relevan dengan kebutuhan peserta didik di era kini.

Berikut dokumentasi Guru Kelas 1 dan 2.


















Keseruan ketika menganalisis.







Prompt Membuat TP dari CP Terbaru:

Gunakan aplikasi Brisk Teaching, Gemini, ChatGPT, atau Grok (Pilih atau gunakan semua dan bandingkan)

Saya [nama guru] guru kelas 2 yang akan menganalisis dokumen Capaian Pembelajaran (CP) Fase A untuk mata pelajaran [mata pelajaran]. Tolong uraikan CP tersebut menjadi Tujuan Pembelajaran (TP) yang terukur, dengan memisahkan TP untuk kelas 1 dan kelas 2.

Syarat:

1. Gunakan bahasa yang jelas, sesuai kaidah Kurikulum Merdeka.

2. TP disusun berdasarkan elemen dan/atau kompetensi inti dalam CP menjadi 5-10 TP per elemen menggunakan rumus ABCD (Audience: siswa, Behavior: perilaku, Condition: kondisi, Degree: tingkat pencapaian).

3. Pastikan TP bersifat SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time-bound).

4. Integrasi deep learning, tambahkan elemen seperti: memahami, mengaplikasi, merefleksi pada elemen yang sesuai

5. TP untuk kelas 1 dan kelas 2 disajikan terpisah, masing-masing dalam bentuk daftar.

6. Pastikan TP mengarah pada pencapaian CP di akhir Fase A.

7. Buat urutan TP yang logis dari yang sederhana menuju kompleks. Untuk perhitungan waktu 2 tahun ada 68 minggu kali [jumlah jam pelajaran] JP Intrakurikuler. Tolong buatkan analisis CP menjadi TP sesuai ketentuan di atas.

Berikut Capaian Pembelajarannya:

[salin dan tempel CP mapel tersebut]



PROMP MEMBUAT ATP [Mata Pelajarn] FASE A

 

Saya guru kelas 2 menyusun TP dan ATP bersama guru kelas 1, untuk itu saya perlu memilah TP ATP yang diajarkan pada semester 1 dan semester 2 yang lengkap dari masing-masing elemen yang ada. Tolong pilahkan TP ATP berikut yang sesuai sehingga pelajaran runtut tidak terbalik, dari yang sederhana ke yang kompleks, dari yang mudah ke yang sukar sesuai kemampuan dalam olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga. Tetap mengacu pada contoh ATP hanya saja pisahkan antara semester 1 dengan semester 2 

Pisahkan dengan jelas elemen yang ada di kelas 1, baru elemen kelas 2. Salin nomor TP ketika Anda mengurutkan.

Berikut Tujuan Pembelajaran [mata pelajaran] Fase A.

 Salin dan Tempel TP yang sudah dibuat di atas.

 

Punya akun G-Mail, silakan tinggalkan komentar. Komentar yang santun sangat dihargai.

Pengimbasan Analisis CP Terbaru Bagi Guru SDN di Kecamatan Tugumulyo, Musi Rawas Pengimbasan Analisis CP Terbaru Bagi Guru SDN di Kecamatan Tugumulyo, Musi Rawas Reviewed by Pak D Susanto on Minggu, Oktober 12, 2025 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.