Selamat datang kembali di kanal informasi pendidikan yang selalu menghadirkan kabar terbaru dan paling relevan untuk para pendidik!
Inilah saat yang ditunggu-tunggu, terutama bagi rekan-rekan guru hebat yang bertugas di wilayah Kecamatan Tugumulyo. Transformasi kurikulum memang menuntut kita untuk selalu bergerak, adaptif, dan yang paling penting, memahami esensi dari setiap perubahan. Nah, kabar baiknya, semangat bergerak maju itu baru saja diwujudkan dalam sebuah kegiatan penting yang menandai babak baru dalam implementasi kurikulum merdeka.
Tepat pada hari Sabtu, tanggal 11 Oktober 2025, suasana Gedung PGRI Cabang Tugumulyo di Jl. Raya Trikoyo-Kalibening menjadi saksi dimulainya agenda: Pengimbasan Analisis Capaian Pembelajaran (CP) Terbaru. Kegiatan ini bukan sekadar pelatihan biasa, melainkan momentum krusial di mana para guru mulai dibekali pemahaman mendalam tentang cara membedah dan mengaplikasikan CP terbaru agar proses pembelajaran menjadi lebih terarah, bermakna, dan relevan dengan kebutuhan peserta didik di era kini.
Berikut dokumentasi Guru Kelas 1 dan 2.
Prompt Membuat TP dari CP Terbaru:
Saya [nama guru] guru kelas 2 yang akan menganalisis dokumen
Capaian Pembelajaran (CP) Fase A untuk mata pelajaran [mata pelajaran]. Tolong
uraikan CP tersebut menjadi Tujuan Pembelajaran (TP) yang terukur, dengan
memisahkan TP untuk kelas 1 dan kelas 2.
Syarat:
1. Gunakan bahasa yang
jelas, sesuai kaidah Kurikulum Merdeka.
2. TP disusun
berdasarkan elemen dan/atau kompetensi inti dalam CP menjadi 5-10 TP per elemen
menggunakan rumus ABCD (Audience: siswa, Behavior: perilaku, Condition:
kondisi, Degree: tingkat pencapaian).
3. Pastikan TP bersifat SMART (Specific, Measurable, Achievable,
Relevant, Time-bound).
4. Integrasi deep learning, tambahkan elemen seperti: memahami,
mengaplikasi, merefleksi pada elemen yang sesuai
5. TP untuk kelas 1
dan kelas 2 disajikan terpisah, masing-masing dalam bentuk daftar.
6. Pastikan TP
mengarah pada pencapaian CP di akhir Fase A.
7. Buat urutan TP yang
logis dari yang sederhana menuju kompleks. Untuk perhitungan waktu 2 tahun ada 68
minggu kali [jumlah jam pelajaran] JP Intrakurikuler. Tolong buatkan analisis
CP menjadi TP sesuai ketentuan di atas.
Berikut Capaian
Pembelajarannya:
[salin dan tempel CP mapel tersebut]
PROMP MEMBUAT ATP [Mata Pelajarn] FASE A
Saya guru kelas 2 menyusun TP dan ATP bersama guru kelas 1, untuk itu saya perlu memilah TP ATP yang diajarkan pada semester 1 dan semester 2 yang lengkap dari masing-masing elemen yang ada. Tolong pilahkan TP ATP berikut yang sesuai sehingga pelajaran runtut tidak terbalik, dari yang sederhana ke yang kompleks, dari yang mudah ke yang sukar sesuai kemampuan dalam olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga. Tetap mengacu pada contoh ATP hanya saja pisahkan antara semester 1 dengan semester 2
Pisahkan dengan jelas
elemen yang ada di kelas 1, baru elemen kelas 2. Salin nomor TP ketika Anda
mengurutkan.
Berikut Tujuan Pembelajaran [mata pelajaran] Fase A.
Punya akun G-Mail, silakan tinggalkan komentar. Komentar yang santun sangat dihargai.
Reviewed by Pak D Susanto
on
Minggu, Oktober 12, 2025
Rating:



















Tidak ada komentar: